Hak Cipta @Redaksi

Plt. Sekda: Masyarakat Diharap Tetap Waspada

Panyabungan.StArtNews-Melihat fenomena alam dewasa ini yang tidak dapat terprediksi, diharapkan kepada masyarakat Kabupaten Mandailing Natal (Kab. Madina) agar tetap waspada, terutama yang berdomisili dekat dengan daerah aliran sungai ataupun didaerahnya pinggiran tebing atau berdomisili dikawasan tebing, mengingat sesuai dengan amatan dari Badan Meteorologi Geofisika bahwa untuk bulan ini dan kedepan kondisi cuaca masih ekstrim, apalagi wilayah Kab. Madina termasuk pada wilayah sesar semangkok atau dengan kata lain wilayah patahan, demikian disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Mhd. Syafei Lubis,M.Si kepada StArtNews diruang kerja Sekda Kamis (30/3).

Lebih lanjut disampaikan memang daerah Kab. Madina adalah yang mempunyai potensi alam luar biasa tapi rawan bencana, daerah dimana sesar semangkok dengan maksud daerah satu lintasan tetapi rawan bencana, maksudnya daerah kalau terjadi semisal gempa di daerah Sumatera Barat kita  pasti kena imbasnya atau terjadi di daerah Pulau Nias kita tetap kena imbasnya itulah maksudnya daerah sesar semangkok atau dibilang orang juga daerah patahan. Jadi kendatipun kita daerah berpotensi hebat tapi rawan dengan bencana banjir ataupun longsor. Tidak bisa kita pungkiri tentang potensi kita tapi kita juga jangan lupa bahwa kita rawan dengan banjir serta longsor.

Banjir dan longsor yang sering kita alami itupun tidak terlepas dari masyarakatnya, terutama masyarakat yang suka membuka lahan pertanian, perkebunan, kalaupun mau membuka perkebunan dengan membabat hutan kiranya sisa-sisa potongan potongan kayu tolong jangan dibiarkan berserakan begitu saja, jangan membuang sampah atau limbah potongan potongan kayu sembarangan karena ini sangat fatal akibatnya seperti mendatangkan banjir dan lainnya.

Kita sudah melihat banjir bandang kemarin, itu banyak yang hanyut adalah limbah potongan kayu, limbah limbah ini menghambat arus sungai sehingga melahirkan luapan mengakibatkan terjadinya banjir. Sekali lagi kami berharap kepada masyarakat agar tidak membiarkan limbah-limbah potongan-potongan kayunya serta jangan membuang sampah ke sungai, semua ini untuk kepentingan bersama agar tidak terjadi lagi bencana banjir yang sangat merugikan kita semua, tandas Plt. Sekda yang juga menjabat sebagai asisten II Drs. Mhd. Syafe’i Lubis M.Si.

Repoter : R Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...