PM Selandia Baru John Key Mundur demi Keluarga

pm-selandia-baru-john-key-disuruh-mundur-demi-keluarga-dymmeziomg

Perdana Menteri Selandia Baru John Key memutuskan untuk meletakkan jabatan yang diembannya selama delapan tahun terakhir pada 12 Desember mendatang. Ia mengaku berat meninggalkan pekerjaan ini, namun menolak permintaan istri dan anaknya juga tak bisa.

“Ini adalah keputusan tersulit yang pernah saya buat. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan selanjutnya. Tapi saya kan tidak mungkin juga harus menjabat sampai empat periode,” ujarnya dalam konferensi pers di Wellington pukul 12.45 waktu setempat, seperti dilansir dari The Guardian, Senin (5/12/2016).

Menurut PM tersukses di Selbar tersebut, saat ini adalah waktu yang paling tepat untuknya mengundurkan diri. Rencanan itu juga telah lebih dulu disampaikannya kepada jajaran kementerian yang bekerja di bawah pemerintahannya.

“Terkadang Anda harus membuat keputusan sulit untuk bisa menghasilkan keputusan yang benar. Saya pikir kebanyakan pemerintah gagal menjalani periode keempatnya karena mereka tidak ingin menanggalkan kekuasaan, setiap orang mengatakan ‘saya sudah pernah melihat hal seperti ini sebelumnya’. Jadi saya rasa ini lah saatnya untuk mendemonstrasikan pembaharuan kita,” tambahnya.

Key juga menjelaskan kalau keputusan ini sudah berdasarkan pada diskusi yang panjang dan matang. Dia terutama meminta pendapat dari istrinya, Bronagh Key. Meski begitu, dia membantah kalau istrinya yang menyuruh dia mundur.

“Jabatan ini sudah terlalu lama membuatnya menunggu dalam kesendirian setiap malam. Jadi ini waktu yang tepat bagi saya untuk pulang ke rumah,” cetusnya.

Anak-anaknya, Max dan Stephie juga sehati sepikir dengan ibunya. Key mengungkap, mereka bertumbuh di lingkungan pemerintahan dan hal itu menjadi rintangan terbesar sepanjang hidup mereka. Sebab mereka harus mencerminkan hidup sebagai keluarga nomor satu di Selandia Baru.

Ia ingat bagaimana dulu dia harus menjawab pertanyaan publik soal pilihan karier putranya sebagai DJ. Belum lagi tentang pesan-pesan yang diunggah anak itu di media sosial. Dia ingin anak-anaknya hidup tanpa tekanan yang selama ini datang karena nama besar ayahnya.

Menghabiskan waktu bersama keluarga kini menjadi prioritas baginya. Key percaya perdana menteri yang berhasil adalah mereka yang bisa menunjukkan kepemimpinannya dalam bentuk lain yang lebih baik.

“Waktu yang akan menilai apakah saya sudah menjadi pemimpin semacam itu. Saat ini yang bisa saya katakan adalah saya sudah melakukan yang terbaik yang saya mampu. Saya tidak menyisakan beban apa pun,” tutupnya.

Sumber : okezone.com

Editor : Hendra Ray

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi