Polres Mandailing Natal Gelar Apel Operasi Lilin Toba 2020

Panyabungan Utara, StArtNews-Polres Mandailing Natal melaksanakan Apel Pasukan Operasi Lilin Toba 2020. Apel ini digelar menjelang pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2020 dalam Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Senin (21/12) di Lapangan Polres Madina.

Apel tersebut langsung dipimpin Kapolres Madina, AKBP Horas Tua Silalahi, SIK, M,SI, dan dihadiri Sekretaris Daerah Mandailing Natal, Gozali Pulungan; mewakili Kepala Kejaksaan Negeri; Dansubden Pom1/2-7 Kabupaten Mandailing Natal; Danki Senapan B Mangga Dua; BNNK Kab. Madina; tokoh agama, tokoh masyarakat dan Pemuda Pancasila.

Tujuan Apel ini untuk melihat kesiapan masing-masing instansi dalam mendukung Polres Madina melaksanakan Pengamanan Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Apel hari ini dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021,” kata Kapolres dalam sambutannya.

Horastua melanjutkan, perayaan Natal sebagai perayaan ibadah yang akan meningkatkan aktivitas keramaian yang berpotensi terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

Ia menambahkan oleh karena itu polri menyarankan natal 2020 yang dilaksanakan mulai tanggal 21 Desember s/d 4 Januari 2021 mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis serta penegakkan hukum secara tegas dan profesional.

Kegiatan ini harus berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan aman dan nyaman.

“Dalam operasi lilin 2020 ini tetap menerapkan Protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid 19,” ujarnya.

Berdasarkan mapping kerawanan ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, dan aksi perusakan fasilitas umum.

Horas Tua Silalahi juga menyampaikan amanat dari Kapolri, yakni personel harus menyiapkan mental dan fisik serta menjaga kesehatan dan meniatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kemudian, melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan Tahun Baru 2021.

Selanjutnya, melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, memberikan pelayanan terbaik, melengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta melakukan penugasan anggota dengan buddy system.

Berikutnya, melaksanakan penegakan hukum secara profesional, proporsional, tegas tetapi humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas. Meningkatkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Terakhir, tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Reporter: Ika Rodhiah Putri
Editor: Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi