Ratusan Pegawai Puskesmas, Polisi dan TNI Jalani Test Swab

Kotanopan, StArtNews-Ratusan pegawai Puskesmas, ASN, Polisi dan TNI di wilayah Mandailing Julu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menjalani test swab, Rabu (23/9).

Test swab dilaksanakan di aula Kantor Camat Kotanopan. Test swab ini merupakan tindak lanjut dari test swab massal yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Madina untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Adapaun pegawai puskesmas yang ikut menjalani test swab tersebut adalah pegawai Puskesmas Tambangan, Kotanopan, Ulu Pungkut, Muara Sipongi dan Pakantan. Sedangkan dari TNI anggota Ramil 14 Kotanopan dan Ramil 15 Muara Sipongi. Untuk kepolisian terlihat dari Polsek Kotanopan dan Muara Sipongi serta pegawai Kantor Camat Kotanopan ditambah 31 pegawai RSU Permata Madina Panyabungan.

Selain dihadiri camat masing-masing, terlihat juga Kapolsek Kotanopan, Dan Ramil 14 Kotanopan dan Dan Ramil 15 Muara Sipongi dan kepala Puskesmas di Lima Kecamatan di wilayah Mandailing Julu.

Pantauan StArtNews di lapangan, test yang dilakukan berlangsung dengan baik dan lancar. Para peserta tertib mengikuti antrean yang telah ditetapkan.

Sementara di dalam ruangan terlihat petugas memeriksa bagian hidung dan tenggorokan peserta. Hasil test swab ini akan dikirim ke Medan untuk mengetahui hasilnya. Hasil tes akan keluar dalam beberapa hari ke depan.

Kadis Kesehatan Madina, dr. Syarifuddin Nasution melalui Kepala Bidang P2P, dr. Irma Yanti mengatakan test ini merupakan tindak lanjut dari trest yang dilakukan Dinas Kesehatan Madina untuk jajarannya dan orang-orang yang dianggap punya kontak erat dengan pasien Covid-19. Test ini terbuka untuk masyarakat dan pegawai di instansi pemerinthan.

Irma berujar jumlah awal yang direncanakan untuk mengikuti tes sebanyak 65 orang. Namun, belakangan ini bertambah dengan mengikutkan pegawai kantor camat, TNI, kepolisian dan masyrakat umum.

“Untuk test swab yang dilakukan di Kotanopan jumlahnya cukup banyak, mencapai ratusan orang. Test Swab yang dilakukan ini tidak dikutip pembayaran alias gratis,” kata Irma.

Irma Yanti juga mengimbau seluruh elemen masyarakat Madina untuk tetap meningkatkan pelaksanaan Pprotokol pesehatan. Ia juga mengajak masyarakat dan pegawai di instansi pemerintah untuk ikut serta menjalani tes swab massal yang dilakukan pemerintah.

Reporter: Lokot Husda

Editor: Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi