Ratusan Pelajar Diniyah Ikuti Porsadin

Kotanopan, StartNews- Ratusan pelajar Madrasah Diniyah Takmiliyah ( MDTA) di Kecamatan Kotanopan Kab. Mandailing Natal mulai Sabtu-Minggu (22-23/9) mengikuti Pekan Olah Raga Dan Seni Antar Diniyah ( Porsadin)  bertempat di desa Hutapungkut Julu Kec. Kotanopan.

Hadir dalam acara tersebut Camat Kotanopan Kholilullah, S.Sos, KUA Kotanopan Drs. M.  Yazid, Kepala Desa, Pimpinan Pondok Pesantren, MUI Kotanopan, tokoh masyarakat dan alim ulama serta guru-guru MDTA.

Ketua Panitia Pelaksana Zulkifli Lubis dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Porsadin ini merupakan agenda Muharram yang setiap tahunnya dilaksanakan. Untuk menyambut tahun baru Islam tahun ini, kegiatan Porsadin dilaksanakan di Hutapungkut Julu yang berlangsung selama dua hari. Sedangkan pesertanya pelajar Diniyah Takmiliyah se kecamatan Kotanopan.

Dikatakan Zulkfli Lubis, sedangkan jenis kegiatan yang dilaksanakan mulai dari MTQ, Tartil,  Pidato, Tahfiz, Cedas Cermat, Kaligrafi, Azan, Nasyid, Puisi, lari dan Futsal. Tujuan kegiatan ini selain merupakan agenda rutin dari Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah ( FKDT)  Kec.  Kotanopan juga untuk memeriahkan Tahun baru Islam 1440 H. Tujuan lain adalah untuk menggali potensi siswa Diniyah dalam berbagai kegiatan sekaligus penyaringan bagi yang berpretasi untuk dikirim ketingkat Kabupaten.

Sedangkan Ketua FKDT Kec. Kotanopan Darmansyah yang dihubungi mengatakan, kegiatan ini diikuti ratusan siswa diniyah di Kotanopan. Ia berharap, dari kegiatan ini akan menghasilkan siswa diniyah yang  berprestasi yang akan di kirim ketingkat Kabupaten nantinya.

Darmansyah  juga mengucapkan terimakasih yang tiada terhingga kepada semua pihak yang  telah mensukseskan acara ini. Utamanya kepada donatur, guru-guru Diniyah  Takmiliyah dan Kepala Desa Hutapungkut Julu yang telah memberikan tempat untuk berlangsungnya kegiatan inig.  ” Semoga kegiatan ini bisa memacu kreativitas siswa untuk lebih berprestasi dalam berbagai bidang yang diperlombakan”, ujar Darman.

Keluar sebagai juara umum dalam kegiatan ini adalah  Madrasah dari desa Muara Pungkut. Mereka berhak mendapat tropi bergilir dan hadiah lainnya.

Camat Kotanopan Kholilullah dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Panitia dan pengurus FKDT Kotanopan yang telah menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin tahunan. Ia berharap kegiatan seperti ini di tahun depan agar dapat ditingkatkan.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...