Resmi Dibuka, Pondok Tahfidz Nuruts Tsamarot Siap Cetak Generasi Qurani di Bumi Gordang Sambilan

Panyabungan, StArtNews-Mencetak generasi Quran dan berbudi perkerti yang islami menjadi semangat bagi rumah Tahfidz Nuruts Tsamarot dalam menyokong Kabupaten Mandailing Natal sebagai Negeri Beradat dan Taat Beradat dan juga mempertahankan nilai-nilai relijiusitas Kabupaten Mandailing Natal sebagai serambi mekkahnya Sumatera Utara.

Tahfidz Nuruts Tsamarot hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai rumah tahfiz yang siap mencetak generasi yang memahami dan mengamalkan Alquran. Rumah Tahfiz yang beralamat di Desa Panyabungan Jae, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal ini resmi dibuka pada Minggu (05/07) kemarin.

Meski baru terhitung hari santri dan satriwati rumah Tahfizd Nurusts Tsamarot sudah mencapai 21 orang.

Para santri juga mendapat bimbingan guru yang sudah ahli di bidangnya. Ada pun guru di rumah tahfiz ini antara lain; Qoriah Muallimah, Tsamriah Rangkuti; Al Hafiz Ustaz H. Nu’im Lubis, S.Pd, Al Hafiz Ustaz Emir Husein Nasution, SH, Al Hafizah Ustazah Mulhohharotun Nur, S.Pd, Al Hafiz Ustaz Muhammad Haddad Alwi Nasution, Al Hafizah Ustazah Siti Khodijah dan Al Hafizah Ustazah Kana Nasution, S.Sos.

Di antara lima guru Tahfidz Nurust Tsamarot itu juga sudah pernah diberangkatkan umrah oleh pemerintah ke tanah suci Mekkah.

Pimpinan Pondok Tahfiz Nuruts Tsamarot H. Ahmad Zainul Khobir, S.Ag, MM, menyampaikan sebagai latar belakang pendirian Tahfiz Nuruts Tsamarot adalah Alquran yang merupakan kitab suci dan petunjuk hidup ummat Islam yang tidak ada habis-habisnya untuk dipelajari dan digali hikmah serta makna  yang terkandung di dalamnya.

“Mengingat kondisi saat ini Alquran sudah mulai dilupakan dan ditinggalkan oleh masyarakat Islam sendiri sedikit demi sedikit, khususnya di Kabupaten Mandailing Natal maka rumah Tahfidz Nuruts Tsamarot hadir dan resmi dibuka untuk menggali ilmu yang seluas-luasnya,” katanya.

H. Zainul Khobir yang juga menjabat sebagai Sekretaris MUI Mandailing Natal menyebutkan, sebelumnya sudah mendirikan alternatif dalam pembelajaran dan pengembangan Alquran berupa sekolah TPQ dan MDTA yang dimulai semenjak tahun 2013 sampai sekarang.

Kemudian rumah Tahfiz Nuruts Tsamrot mengemban visi menjadikan Pondok Tahfizul Quran Nuruts Tsamarot sebagai sarana pencetus penghafal Alquran yang menguasai dan memahami serta mengamalkan Alquran, berakhlak mulia, cerdas dan mandiri.

Selain itu rumah tahfiz ini membawa misi membentuk generasi muslim yang berwawasan Alquran dan berpegang teguh kepada Sunnah serta menguasai sepenuhnya khazanah ilmu-ilmu Alquran.

“Juga menumbuhkembangkan lulusan yang profesional dalam bidang ilmunya masing-masing dan memiliki jiwa insan yang berakhlakul karimah,” sebutnya.

Selanjutnya H. Zainul Khobir menyampaikan harapan kepada masyarakat Kabupaten Mandailing Natal untuk turut mendukung dan menyuksseskan keberadaan dan program Tahfiz Quran Nuruts Tsamarot di Bumi Gordang Sambilan.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi