Risiko Pakai Masker Di Dagu

Panyabungan, StArtNews-Masker sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa disepelekan oleh masyarakat selama pandemi Covid-19. Sebab, masker memiliki andil besar dalam melindungi diri dari risiko virus corona melalui hidung dan mulut.

Namun, sebagian masyarakat memiliki kebiasaan menurunkan masker ke area dagu dan leher ketika makan dan minum. Kebiasaan seperti ini sepatutnya dihindari karena justru bisa membuat manfaat pemakaian masker menjadi sia-sia.

Bagaimanapun, ketika masker dipakai untuk menutupi hidung dan mulut seperti yang seharusnya, area dagu dan leher terekspos sehingga sangat mungkin ada bakteri, kuman, atau virus yang menempel di sana. Ketika masker tersebut diturunkan ke dagu, ada potensi area dalam masker tersebut menjadi terkontaminasi oleh virus yang menempel di area dagu.

Dilansir dari wartaekonomi.co.id dosen klinis senior di Fakultas Kedokteran Universitas Exeter, yakni Dr. Bharat Pankhania, mengatakan bahwa bahaya berikutnya dari kebiasaan menurunkan masker ke dagu adalah masuknya virus dari hembusan napas melalui hidung.

Oleh karena itu, ia menegaskan bahwa menempatkan masker di dagu dan leher ketika makan atau minum bukan ide yang bagus. Akan lebih baik, masker tersebut dilepas terlebih dahulu dan dipakai kembali setelah makan atau minum.

“Anda harus menghindarkan masker dari kontaminasi dengan permukaan lain dan anda tidak bermain-main dengan menggantungnya di leher,” tegas profesor asisten riset Departemen Mikrobiologi dan Imunologi Georgetown University, Erin Sorrell, dilansir dari Huffington Post.

Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi