Hak Cipta @Redaksi

Semen Langka di Palas

Warga di Kab161015_04-semenupaten Padang Lawas sulit mendapatkan bahan bangunan berupa semen. Selama ini, semen yang beredar hanya merk semen padang.

“Kami sudah mencari semen di sejumlah toko bangunan, banyak yang kosong stoknya,” kata Iwan, seorang Sibuhuan, ketika ditemui di satu toko bangunan, Kamis (15/10).

Dikatakan, sudah beberapa hari ini, pengerjaan rumahnya sementar terhenti karena bahan semen tidak didapatkan. Rata-rata, bangunan bangunan kehabisan stok.

Akibat kurangnya stok, aktivitas warga dalam membangun berbagai sarana infrastruktur dihentikan. Termasuk juga pembangunan proyek, banyak yang terhenti sementara, dikabarkan kontraktor tidak bisa memasukan semen.

Memang, saat ditanyai di beberapa toko di Sibuhuan, banyak yang stok semennya sudah habis. Dikatakan, habisnya stok semen karena banyak permintaan.

“Banyak yang minta semen, karena pengerjaan proyek sedang berlangsung,” kata Sarwedi dan Saat Siregar, pekerja di Toko Bangunan Utama Padang Luar, Sibuhuan, kemarin.

Hanya, meski stok langka, harga belum ada kenaikan. Ternyata, penyebab langkanya, karena pemasukan semen ke daerah ini masih kurang jumlahnya dibanding kebutuhan di musim proyek saat ini.
Untuk harga, masih seperti biasa, yakni kisaran Rp63 ribu sampai Rp64 ribu per sak. Tergantung permintaan. Untuk permintaan dalam jumlah banyak dan dekat, masih diberi keringanan harga Rp63 ribu.

“Mungkin puluhan ribu sak yang masuk. Tapi masih saja kurang,” kata Soleh, pemilik toko bangunan.
Ternyata, untuk semen didatangkan langsung dari Padang Sumatera Barat. Namun, dikabarkan, di Padang juga pedagang antrean untuk mendapat giliran.

Sementara, untuk besi, masih ada stok. Tapi, itu pun kadang juga sempat menipis. Untuk harga besi, masih seperti sebelumnya. Untuk besi ukuran 10 mm, dijual Rp32 ribu hingga Rp35 ribu per batang. Sementara, untuk besi 12, dijual Rp52 ribu hingga Rp55 ribu. Perbedaan harga, dikatakan, tergantung pada paket yang dibeli, apakah paket besar atau kecil dan juga melihat dari lokasi tempat diantarkan.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...