Hak Cipta @Redaksi

Sholawat Berkumandang di Kirab Santri Hari Santri Nasional

Ket.Photo : Para Santri Kabupaten Mandailing Natal saat melaksanakan Kirap Santri memperingati Hari Santri 22 Oktober 2019.

Panyabungan.StArtNews– Peringatan Hari Santri 22 Oktober yang jatuh pada hari ini dilakukan dengan kirab santri dan zikir akbar. Pelaksanaannya diikuti santri, pelajar di bawah naungan Kemenag, Organisasi Perangkat Daerah, Ormas, TNI, Polri, dan DPC Partai PKB Mandailing Natal.

Kirab santri berlangsung pukul 07.00 WIB, diawali dari Titi Kuning, Dalan Lidang, menuju Masjid Nur Ala Nur Aek Godang, Panyabungan, yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Gozali Pulungan, dan Kapolres serta unsur Forkopimda lainnya.

Dengan berjalan kaki dan memakai sarung sebagai ciri khas santri, peserta Kirab Santri terdengar melantunkan Salawat Nabi sambil berjalan menuju pusat kegiatan di Masjid Agung Nur Ala Nur.

Tiba di Masjid Nur Ala Nur sebagai pusat kegiatan Hari Santri ini, para peserta langsung melaksanakan upacara Hari Santri.

Kegiatan yang diikuti ribuan peserta dari santri dan pelajar di bawah naungan Kemenag, kegiatan berlanjut dengan agenda Zikir Akbar yang diisi oleh Ustaz Drs. H. Bahron Nasution dari Medan.

Bupati Mandailing Natal, Drs.Dahlan Hasan Nasution, secara khusus pada StArtNews mengatakan, sejarah mencatat bahwa para santri telah mewakafkan hidupnya untuk kemerdekaan Republik Indonesia, karenanya para santri dengan caranya masing-masing bergabung dengan berbagai elemen bangsa untuk melawan penjajah kala itu.

Dengan sejarah itu, Dahlan mengatakan bahwa setiap tahunnya tepat pada 22 oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional, maka Madina akan selalu membesarkan kegiatan Hari Santri 22 Oktober karena memang perjuangan Hari Santri ini diawali dengan ulama-ulama Mandailing Natal yang mendatangi Presiden Joko widodo untuk mengusulkan Hari Santri diperingati secara Nasional.

Tim Redaksi StArtNews

Editor: Hanapi Lubis

Ket.Photo : Para Santri Kabupaten Mandailing Natal saat melaksanakan Kirap Santri memperingati Hari Santri 22 Oktober 2019.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...