Tanam Perdana Bawang Merah, Pjs. Bupati Madina Serahkan Alsintan kepada Poktan Prima Jaya Runding

Foto: Pjs. Bupati Madina Serahkan Alsintan kepada Poktan Prima Jaya Runding.

Panyabungan Barat, StArtNews-Pejabat sementara (Pjs.) Bupati Mandailing Natal (Madina), Ir. Dahler Lubis bersama Kelompok Tani (Poktan) Prima Jaya Desa Runding, Kecamatan Panyabungan Barat melaksanakan tanam perdana bibit bawang merah bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (29/9).

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian (Distan) Madina yang diwakili Sekretaris Distan Madina; Kadis Sosial, Taufik Lubis; Kadis PUPR, Subuki; Kadis Kominfo, Sahnan Pasaribu; Asisten II, Ismail Lubis dan Kepala Satuan Polisi (Kasatpol) Pamong Praja (PP) Madina, Lismulyadi dan anggota Poktan Prima Jaya.

Pjs. Bupati Madina bersama beberapa pejabat di Pemkab Madina secara langsung turun ke ladang untuk melakukan penanaman.

Selain melakukan penanaman bawang merah, Dahler juga menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa kultivator dengan harapan alat tersebut bisa digunakan secara maksimal untuk memudahkan petani mengolah tanah.

Usai kegiatan, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumut ini kepada wartawan menyampaikan giat hari ini adalah tanam perdana bawang merah.

“Pada hari ini kita melakukan tanaman perdana bawang merah di Desa Runding ini. Desa Runding ini sudah pernah dibuat kaya percontohan di sini, cukup bagus untuk tanaman bawang,” katanya.

Dahler menambahkan perogram ini merupakan upaya untuk memenuhi ketersediaan bawang merah di Sumut. Ke depan Madina akan didorong menjadi sentra bawang merah di Sumut.

“Kebutuhan bawang merah Sumut 43.000 ton. Yang bisa dipenuhi baru 25.000 ton. Ke depan akan kita coba buat di Mandailing Natal ini sebagai sentra bawang merah. Apalagi kita juga melihat di sini merupakan kawasan perkebunan pepaya sekitar 30 hektare,” ungkap Dahler.

Pjs. Bupati Madina berujar pemerintah akan terus mendorong petani dan menjadikan sektor pertanian sebagai prioritas. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini sektor pertanian sangat diunggulkan di saat sektor lain berjalan lamban.

Selain pertanian, terang Dahler, Runding juga harus melirik sektor peternakan untuk menguatkan ekonomi masyarakat. Untuk ini, dalam waktu dekat pemerintah akan menyalurkan bantuan berupa ayam ternak.

Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu lahan anggota Poktan Prima Jaya ini tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi