Tunaikan Janji, Pjs Bupati Panen bawang merah di Panyabungan Barat

Panyabungan Barat, StArtNews-Pejabat sementara (Pjs) Bupati Mandailing Natal (Madina) Ir. Dahler Lubis panen bawang merah di Desa Runding, Kecamatan Panyabungan Barat, Selasa (1/12).

Panen bawang ini merupakan janji Pjs Bupati saat melakukan kunjungan kerja sekitar 2 bulan lalu.

“Hari ini saya berada di desa runding bersama kelompok tani untuk melakukan panen bawang merah, penanaman bawang merah ini merupakan janji saya pada waktu pertama kerja, hari itu saya sampaikan apa yang bisa saya tanam dan panen selama masa kerja yang begitu singkat,” sebut Ir Dahler Lubis kepada wartawan.

Dahler lubis membuktikan selama menjabat Pjs. Bupati lebih kurang 70 hari akan memanen bawang merah.

“Hari ini saya buktikan panen bawang merah, di mana bawang merah ini saya ikut langsung menanamnya pada tanggal 27 September 2020, dan pada hari ini 1 Desember telah kita panen,” jelas Dahler.

Dahler mengatakan, penanaman bawang merah ini dilakukan untuk mendorong masyarakat giat bertani atau menaman bawang karena hingga saat ini Provinsi Sumatera Utara masih kekurangan bawang merah sekitar 25 ribu ton dari kebutuhan 43 ribu ton.

“Kita lakukan ini untuk memberikan semangat kepada masyarakat menanam bawang merah, karena sampai saat ini jumlah yang terpenuhi dari berbagai daerah baru sekitar 18 ribu ton,” ujar Dahler yang juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Sumut itu.

Ia menyebut, untuk memenuhi kebutuhan itu, pasokan bawang merah masih didatangkan dari daerah Brebes dan Solok.

Untuk menutupi kebutuhan tersebut, Dahler menyebutkan ke depannya akan dibuat kawasan-kawasan budidaya tanaman hortikultura termasuk di dalamnya bawang merah.

Dahler mengatakan, Madina memiliki potensi yang bagus. Lahan luas, kondisi tanahnya juga bagus. Dengan potensi ini Madina bisa menjadi sebagai salah satu daerah penyumbang bawah merah di Sumut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Mandailing Natal, Siar Nasution menyebutkan dalam rangka mendukung pemenuhan kebutuhan bawang merah tersebut pihaknya akan melibatkan kelompok-kelompok tani di daerah.

“Ke depan kita akan buat kawasan-kawasan pertanian di Madina seperti di Runding misalnya kita buat kawasan bawang merah begitu juga nantinya di daerah lain akan kita buat seperti itu,” ujarnya.

Reporter: Putra Saima

Editor: Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi