Hak Cipta @Redaksi

14 Puskesmas di Madina Diakreditasi

Kotanopan, StArtNews- Sebanyak 14 Puskemas di Kabupaten Mandailing Natal untuk tahun 2018 ini sedang melaksanakan akreditasi. Akreditasi ini bertujuan untuk peningkatan standar mutu dan pelayanan yang harus dijalankan.

Hal itu dikatakan Plt. Kadis Kesehatan Kab. Mandailing Natal, dr. H. Syarifuddin saat membuka kegiatan akreditasi di UPT. Puskesmas Kotanopan. Selain Kadis,hadir juga anggota DPRD Madina, M. Rahim Nasution, S.Sos, Muspika Kotanopan, tokoh masyarakat dan Kepala Desa.

Ditambahkan Kadis Kesehatan, selain untuk standar, mutu dan pelayanan, akreditasi juga berguna untuk kelanjutan kerja sama dengan BPJS. Sebab, kalau suatu Puskesmas atau Rumah  Sakit tidak terakreditasi, maka BPJS akan menarik dukungannya. Artinya, BPJS tidak mau bekerja sama dengan Puskesmas atau Rumah  Sakit yang tidak terakreditasi.

Selain itu, lanjut Kadis, suatu Puskesmas juga akan terkendala masuknya pendanaan dari lembaga lain. Paling jelas, kalau Puskesmas atau Rumah Sakit terakreditasi maka mutu dan standar akan terjamin. Sebaliknya, kalau tidak terakreditasi bisa saja Puskesmas akan diturunkan menjadi Pustu.

“Jadi untuk Mandailing Natal di tahun 2018  ini, ada 14 Puskesmas yang diakreditasi. Alhamdulillah dengan perjuangan yang sangat berat, akreditasi ini bisa terlaksana. Sampai hari ini tinggal 2 Puskesmas lagi yang sedang pelaksanaan, yaitu Puskesmas Kotanopan dan Simpang  Gambir. Saya optimis, ke 14 Puskesmas ini akan terakreditasi dengan baik di tahun ini. Mungkin ini bisa menjadi rekor di Indonesia dalam waktu satu tahun, 14 Puskesmas bisa terakreditasi”, ujar Kadis.

Sedangkan harapan kepada Kepala Puskesmas se Madina, agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan bisa mengantarkan Puskesmas yang bersangkutan sampai terakreditasi. “Disini saya akan melihat kemampuan Manajerial seorang Kepala Puskesmas,  apakah ia mampu mengantar Puskesmasnya lolos menjadi terakreditasi atau tidak” ujarnya.

Sedangkan surveior untuk akreditasi ini turun langsung  dari Kementerian Kesehatan, yaitu surveior UKM, dr. Joni Iswanto, M.Kn, surveior Admen Drg. Ari Nardawi, M.Si dan dr.  Lusianna Silaban, M. Kes.

Kepala UPT.  Puskesmas Kotanopan dr. Wuryandari dalam sambutannya mengharapkan,  persiapan akreditasi yang telah dilakukan pihaknya  mudah-mudahan bisa meningkatkan standar mutu pelayanan Puskesmas dan tidak kalah penting bisa mengantarkan Puskesmas ini bisa menjadi terakreditasi.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...