Aktivitas Menelan Korban Jiwa, Kementerian ESDM Hentikan Sementara Kegiatan PT SMGP

Panyabungan, StArtNews-Buntut pembukaan keran tabung mengandung gas beracun H2S yang mengakibatkan tewasnya 5 warga Desa Sibanggor, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui direktur Panas Bumi, Ida Nuryatin Finahari pada Selasa (26/1) menerbitkan surat penghentian sementara seluruh kegiatan PT SMGP di lapangan.

Selain menghentikan aktivitas PT SMGP, Kemeterian ESDM melalui Inspektur Panas Bumi dijadwalkan pada hasri ini akan bertolak ke Mandailing Natal untuk melakukan investigasi insiden yang menewaskan 5 orang tersebut.

Dalam siaran pers Kementerian ESDM disebutkan kegiatan buka sumur merupakan salah satu tahapan dalam pengoperasian PLTP dan dilaksanakan dengan prosedur yang ketat.

Sebelum memulai buka sumur, PT SMGP melakukan seluruh rangkaian prosedur keamanan antara lain sosialisasi kepada semua pekerja dan masyarakat, evakuasi seluruh pekerja dari wellpad, penetapan batas perimeter aman, melengkapi tim well test dengan SCBA dan gas detector, dan final sweeping sebelum kegiatan buka sumur dimulai.

Sementara dari pengakuan warga, hal ini tidak dilakukan oleh PT SMGP. Terkait sosialisasi misalnya, PT SMGP hanya membuat selebaran sebagai media sosialisasi. Kemudian tidak ada penentuan batas primeter yang dibuktikan dengan banyaknya warga yang tetap beraktivitas di dekat sumur yang dibuka.

Reporter: Roy Adam

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi