B2PJN Sumut Tinjau Jembatan Gantung Kampung Baru yang 10 Tahun Rusak

Panyabungan, StartNews – Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (B2PJN)  Sumatera Utara (Sumut) Kementerian PUPR memantau jembatan gantung penguhubung Desa Kampung Baru dengan sejumlah desa lainnya di Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Jumat (3/9/2021).

Pemantauan yang dilakukan B2PJN terhadap jembatan yang tak layak pakai tersebut juga didampingi Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Madina Elvi Yanti Harahap.

Sudah satu dekade lamanya jembatan penghubung antar-desa itu rusak. Perbaikan lantai jembatan gantung itu dilakukan pada tahun 2016.

Pada 2020 sempat diperbaiki kembali. Namun, saat terjadi bencana di daerah itu, bibir sungai berpindah ke belakang jembatan, sehingga perbaikan jembatan tersebut dibatalkan.

Menurut keterangan warga, jembatan gantung itu dibutuhkan warga Kampung Baru dan sekitarnya yang mayoritas menggarap lahan pertanian di seberang sungai.

Para pelajar di sebarang sungai pun terkadang harus bertarung nyawa demi menuntut ilmu ke sekolah. Mereka menggunakan perahu rakit atau getek yang dibuat masyarakat setempat agar  bisa menyeberangi sungai.

Belum lagi tantangan yang harus dihadapi warga saat menyeberangi sungai itu, yang pada musim hujan berpotensi meluap dan membahayakan nyawa mereka.

“Warga berharap kepada pemerintah pusat yang hadir ini agar memprioritaskan pembangunan jembatan ini. Menurut kami, ini merupakan tolak ukur bagi kami dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Juga menjaga keselamatan bagi anak-anak kami yang ingin sekolah” ungkap Rico, warga Kampung Baru.

Ketua Tim B2PJN Sumut Jolis Nainggolan mengatakan peninjauan tersebut  yang merupakatn tidak lanjut usulan anggota DPR RI.

Setelah ditinjau, kata dia, pihaknya akan melakukan pengkajian ulang keberadaan jembatan gantung tersebut untuk kemudian diusulkan ke Kementerian PUPR.

“Kemungkinan jika usulan ini sesuai dan diterima, kita akan targetkan pada tahun 2022 pembangunanya,” kata Jolis kepada wartawan.

Reporter: Hasmar Lubis

The post B2PJN Sumut Tinjau Jembatan Gantung Kampung Baru yang 10 Tahun Rusak first appeared on Start News.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi