KKPT Wadah Kebangkitan Perempuan se-Tabagsel

Panyabungan, StArtNews-Komunitas Kaum Perempuan Tabagsel (KKPT) harus bisa menjadi kebangkitan perempuan di Tabagsel, khususnya di Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Hal tersebut disampaikan Bupati Madina, Drs. Dahlan Hasan Nasution saat menjamu KKPT yang melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus studi banding seni dan adat budaya di Kabupaten Madina, Minggu (23/8).

Bertempat di Taman Raja Batu Panyabungan, rombongan KKPT disambut Bupati Madina bersama Ketua tim penggerak PKK, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan beserta jajaran pimpinan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Madina.

Dalam rombongan tersebut tampak ikut Ketua Umum KKPT Tabagsel, Taty Ariyani Tambunan, SH beserta pengurus dan anggota.

Dahlan Hasan Nasution mengatakan KKPT merupakan wadah kebangkitan kaum perempuan di Tabagsel yang akan mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan.

Bupati menyebut komunitas ini harus bisa memberikan manfaat untuk peningkatan perekonomian masyarakat terkhusus industri rumah tangga. Untuk Kabupaten Madina, Bupati meminta agar segera dibentuk kepengurusannya mulai dari TP PKK di tingkat kabupaten hingga ke tingkat desa.

“Kita tanamkan kepada anggota komunitas untuk membangkitkan ekonomi rumah tangga, KKPT harus bisa jadi wadah kebangkitan kaum perempuan,” kata Bupati.

Dahlan Hasan berpesan supaya KKPT Tabagsel segera berangkat ke DPR RI, DPD RI, dan apabila memungkinkan supaya menemui Presiden Joko Widodo di istana negara. Tujuannya adalah untuk memperjuangkan pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara. Karena, perjuangan Sumatera Tenggara harus dilakukan secara bersama-sama dari semua kalangan.

Dahlan Hasan mengatakan, KKPT harus menyusun program pelestarian seni dan adat budaya daerah.

“Seni dan adat budaya Tabagsel harus benar-benar kita lestarikan, KKPT harus menemui semua kepala daerah se-Tabagsel untuk menyamakan persepsi bagaimana supaya kita memiliki Bagas Godang Tabagsel di Jakarta, setidaknya kita membeli tanah di daerah Bogor. Di Bagas Godang Tabagsel itu nanti dibuat sebagai pusat kesenian daerah Tabagsel, tujuannya supaya masyarakat kita terkhusus mahasiswa kita di DKI bisa lebih mudah memahami kesenian dan adat budaya daerah,” ujar Dahlan.

“Di Bagas Godang itu juga kita buat sebagai mediator menjajakan produk-produk unggulan dari Tabagsel. KKPT harus bisa jadi wadah untuk memajukan daerah kita,” sambungnya.

Ketua Umum KKPT, Taty Ariyani Tambunan menyambut baik konsep yang disampaikan Bupati Madina. Taty menyebut tugas yang diberikan Bupati Madina itu akan dilaksanakan agar segera terwujud kemajuan ekonomi daerah, khususnya kaum perempuan.

Taty memuji karya Bupati Madina yang telah menata sedemikian rupa beberapa objek wisata daerah

“Kami sangat bangga dengan Bupati Madina, karena banyak buah tangan beliau yang memukau meski hanya penataan dari batu. Ini kami nilai sebagai kreativitas yang bisa jadi penyemangat bagi KKPT untuk lebih berkarya. Kami akan melaksanakan apa yang ditugaskan Pak Bupati. Ke depan kami akan menemui semua kepala daerah se-Tabagsel dan akan berangkat ke Jakarta untuk menjalankan misi pembangunan daerah termasuk pemekaran Sumatera Tenggara,” ujar Taty yang juga Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan periode 2014-2019 itu.

Di akhir acara, KKPT Tabagsel mengukuhkan Ny. Ika Desika Dahlan Hasan sebagai ketua pelaksana KKP Mandailing Natal.

Pada malam harinya semua pengurus dan anggota KKPT belajar membuat selai durian dari Bupati Madina di Rumah Dinas Bupati di Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan.

Reporter: Saima Putra

Editor: Redaksi StArtNews

Ket Photo
Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution dan Ketua TP PKK Ny Ika Desiska Dahlan Hasan photo bersama pengurus KKPT Se Tabagsel.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi