Komitmen Komisi DPRD Provsu untuk Wisata Sawah Sabarang

Kotanopan, StArtNews-Objek wisata Sawah Sabarang di Desa Padang Bulan Muara Soro, Kecamatan Kotanopan yang belakangan viral di media sosial mengundang perhatian anggota DPRD Provsu. Bahkan Komisi B DPRD Provsu melalui Fahrizal Efendi Nasution berkomitmen untuk mengembangkan wisata ini.

Hal itu disampaikan wakil rakyat dari partai Hanura ini saat melakukan kunjungan bersama 9 anggota DPRD Provsu lainnya ke Sawah Sabarang, Kamis (8/4).

“Komisi B DPRD Sumut sudah berkomitmen dengan masyarakat, bahwa pembangunan wisata Sawah Sabarang ini menjadi tanggung jawab Komisi B,” ujarnya.

Putra asli Mandailing Natal ini melihat wisata Sawah Sabarang masih memerlukan dukungan infrastruktur dan pengembangan lainnya. Untuk itu ia meminta agar pemerintah daerah, baik Pemprovsu maupun Pemkab Madina, agar sama-sama melakukan lobi anggaran ke pusat agar ditampung dalam APBN.

“Pemkab Madina dan Provsu harus mau melobi anggaran tambahan ke pusat agar bisa ditampung dalam APBN, seperti yang kita laksanakan dulu untuk beberapa pembangunan di Madina, seperti lapangan terbang dan pelabuhan”, ungkapnya.

Menurutnya, memunculkan destinasi Wisata sebagai pilihan alternatif masyarakat sangat perlu sehingga para orang tua tidak lagi terpaku mengajak anak-anaknya berwisatasa ke mall atau swalayan.

“Tanpa secara langsung kita sudah mengajari anak konsumtif. Seharusnya anak di bawa ke tempat wisata yang memberikan edukasi, misalnya wisata alam seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Padang Bulan Muara Soro menyampaikan wisata ini dibangun pada tahun 2020 dengan mengandalkan dana desa dan dilanjutkan pada tahun 2021. Namun, untuk pengembangan, Kepala Desa mengaku terkendala dana.

Padahal, lanjutnya, selain Sawah Sabarang tempat ini juga menawarkan destinasi lain berupa keberadaan sungai Batang Gadis yang akan dijadikan lubuk larangan abadi dan tempat pemancingan. Selain itu ada juga air terjun di tiga titik dan potensi wisata hortikultura.

“Untuk itu, kita berharap potensi ini bisa digarap dengan bantuan anggota Komisi B menjadi penghubung dengan Pemerintahan Provinsi,” sebutnya.

Kedatangan kesepuluh anggota DPRD Sumut selain melakukan tinjauan juga untuk menyerap aspirasi masyarakat. Adapun kesepuluh anggota DPRD tersebut adalah Pantur Banjar Nahor (PDI-P), H. Anwar Sani Tarigan (PDI-P), Ir. Sugianto Makmur, Rahmat Rayyan Nasution (Gerindra),  Erwinsyah Tanjung (Nasdem), Drs. Parsaulian Tambunan (Nasdem), H. Mora Jaksa (PKS), Saut B. Purba, SE, (Demokrat) dan Ahmad Fauzan (PAN) dan H. Fahrizal Effendi, SH (Hanura).

Selain itu terlihat hadir anggota DPRD Madina Rahmad Riski Daulay, pihak Dinas Pariwisata Madina, Kepala Desa Padang Bulan Muara Soro Bahren Daulay, kelompok tani setempat dan tokoh masyarakat.

Reporter: Lokot Husda

Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi