Mengenal Musamus, Istana Rayap yang Hanya Ada di Merauke

Di wilayah Indonesia, Musamus hanya ada di wilayah Merauke, Papua. (FOTO: BARANTAN)

Merauke, StartNews – Rumah adalah tempat tinggal yang aman dan nyaman. Tentunya sebuah rumah harus dibangun dengan fondasi yang kuat untuk melindungi penghuni di dalamnya dari ancaman luar.

Jika dibayangkan, serangga pasti sarangnya berukuran kecil sesuai ukuran tubuhnya. Namun, tidak dengan hewan sejenis rayap Macrotermes sp.. Mereka memiliki “istana” yang kokoh dan kuat sebagai tempat tinggal koloni atau biasa disebut dengan Musamus.

Musamus terbentuk dari dasar rumput kering, tanah, dan air liur rayap pembuatnya. Di bagian dalamnya akan menemukan ruangan yang berlorong-lorong, berfungsi sebagai rongga ventilasi yang menjaga kestabilan suhu agar tetap hangat.

Musamus memiliki tinggi bervariasi yang berdiri di atas permukaan tanah. Tekstur permukaannya berlekuk-lekuk dan berwarna coklat kemerahan seperti warna tanah tempatnya berada.

Di wilayah Indonesia, Musamus hanya ada di wilayah Merauke, Papua. Di Taman Nasional Wasur, sepanjang jalan TransPapua – Sota, pengunjung akan disuguhkan dengan kemegahan rumah rayap tersebut. Bahkan terdapat sebuah padang savana yang berisi ratusan Musamus di atasnya. Tentunya menjadi pemandangan alami yang indah.

Reporter: Rls

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi