Pelajar MAN 1 Madina Juara Pertama KSM se-Kabupaten Madina

Foto: Plt. Kakan Kemenag Madina, Zainal Arifin

Panyabungan, StArtNews-Siti Nurhaliza Nasution, siswi kelas XII Mia7 MAN 1 Mandailing Natal (Madina) meraih juara pertama dalam lomba Kompetesi Sains Madrasah (KSM) se-Kabupaten Madina. Putri dari Sekretaris DPC PKB Madina, Edi Anwar Nasution ini menjadi jura pertama untuk bidang studi Kimia.

Kompetesi bergengsi ini diselenggarakan di MAN 1 Madina dalam rangka memeriahkan Peringatan ke-74 Hari Amal Bakti (HAB) yang diprakarsai Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kab. Madina beberapa hari lalu. KSM ini diikuti oleh siswa-siswi MAN dari delegasi lembaga binaan Kemenag se-Kabupaten Mandailing Natal.

Adapun bidang studi yang diperlombakan pada KSM ini yaitu ilmu-ilmu sosial dan ilmu alam. Untuk ilmu-ilmu alam, bidang studi yang diperlombakan adalah Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Sedangkan untuk ilmu-ilmu sosial ada Geografi dan Ekonomi.

Plt. Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Zainal Arifin M.M membenarkan Siti Nurhaliza, siswi MAN 1 Madina meraih juara I pada KSM ini untuk bidang studi Kimia.

Untuk diketahui, pada KSM ini secara keseluruhan juara pertama ilmu-ilmu alam dimenangkan oleh siswa MAN 1 Madina. Untuk ilmu-ilmu sosial dimenangkan oleh siswa MAN 5 Natal untuk bidang studi Geografi. Sementara bidang studi Ekonomi dimenangkan oleh siswa MAN 2 Rao-rao Kase, Kecamatan Batang Natal.

“Kegiatan ini pelaksanaannya memang diadakan oleh Kemenag Mandailing Natal sebagai salah satu kegiatan pada Perayaan ke-74 HUT HAB dan diikuti oleh pelajar MAN di Mandailing Natal sekalian untuk menumbuhkan semangat siswa untuk belajar,” katanya Jumat (10/01) ketika dihubungi di ruang kerjanya.

Selain itu katanya, perlombaan KSM bagi pelajar MAN baru pertama kali diadakan di Mandailing Natal. Dalam satu bidang studi diikuti 5 orang peserta dari perwakilan setiap sekolah.

“Untuk para juara, saya berharap harus terus belajar dan dapat pembinaan serius karena misal ada waktu di tingkat provinsi atau nasional sudah siap bersaing. Saya sarankan meski sudah mendapat juara satu saat ini belum tentu itu yang kita bawa nantinya di tingkat nasional. Maka dari itu siswa harus tetap terus belajar ,” ujarnya.

Sementara Kepala MAN 1 Madina, Salbiah, S.Ag, MM, melalui bidang kesiswaan Rapmaita, S.Pd, menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada siswa yang mendapatkan juara di perlombaan KSM yang diadakan Kemenag Mandailing Natal.

“Alhamdulilah semua untuk bidang studi IPA, siswa kita raih juara I. Selain Siti Nurhaliza di mapel Kimia, ada Nurmaya Sari di mapel Matematika dan Imam Bukhori di mapel Fisika serta Indah Maya Safitri di mapel Biologi. Kami berharap siswa kami lebih giat belajar, termasuk di rumah,” ujaranya.

Foto: Siti Nurhaliza Nasution Peraih Juara Pertama KSM untuk Bidang Studi Kimia.

Di tempat terpisah Siti Nurhaliza Nasution menyampaikan rasa terima kasihnya kepada guru pembimbing yang terus semangat membina dan mengajari mereka.

“Demi mengharumkan nama sekolah dan orang tua, kami akan berusaha lebih giat lagi belajar agar cita-cita kami nanti bisa tercapai sehingga berguna bagi masyarakat, nusa dan bangsa,” ucap putri sulung Ketua Komisi IV DPRD Madina ini.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi