Redam Trauma Pasca-unras Anarkis, Personel Polwan Polres Madina Sambangi Warga Mompang Julu

Panyabungan, StArtNews-Dalam rangka menjalin komunikasi dengan masyarakat pasca-aksi anarkis terhadap polisi oleh kelompok perusuh, Polres Madina menurunkan personel Polwan ke Desa Mompang Julu Kec. Panyabungan Utara Kab. Mandailing Natal, Minggu (5/7) sekitar pukul 17.00 WIB.

Kapolres Madina, AKBP Horastua Silalahi, S.I.K, M.Si mengatakan Polres Madina menurunkan 40 polwan untuk menyambangi warga, terutama anak-anak dan ibu-ibu di Desa Mompang Julu sebagai upaya menjalin komunikasi dengan warga dan meredam trauma akibat kericuhan yang terjadi pada 29 Juni dan 2 Juli 2020 lalu.

“Hal tersebut kami lakukan untuk mengobati trauma masyarakat akibat dampak provokasi dan unras yang berujung anarkis,” jelas AKBP Horas Tua Silalahi, S.I.K, M.Si.

Sebagaimana dimuat pada laman Facebook Satbinmas Polres Madina, dalam kegiatan sambang tersebut para polwan membagikan makanan ringan kepada anak-anak sekaligus memberikan pemahaman dan pesan-pesan persuasif dan edukatif kepada kaum ibu. Giat ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Desa Mompang Julu.

Terkait warga yang melarikan diri, Kapolres mengimbau agar segera kembali ke rumah dan menjumpai keluarga yang sudah menunggu.

Kapolres menegaskan tidak ada penangkapan terhadap warga yang tidak ikut terlibat aksi anarkis. Horastua menyampaikan isu yang menyebutkan setiap warga yang terekam kamera akan ditangkap adalah tidak benar atau berita bohong.

“Tidak perlu takut bagi masyarakat yang tidak terlibat aksi anarkis karena ada pihak tertentu yang sengaja menghembuskan isu bahwa polisi akan menangkap semua warga dan juga adanya berita bohong bahwa warga yg terekam kamera pasti akan ditangkap,” ungkap Kapolres.

Kapolres menjelaskan pihaknya turun dan berkomunikasi langsung menjumpai masyarakat juga untuk meluruskan informasi yang menyesatkan dan membuat resah.

Terhadap pihak-pihak yang memunculkan isu-isu tak benar, Kapolres mengimbau agar segera menghentikan aksi tersebut dan kepada masyarakat Kapolres menyampaikan agar tidak terprovokasi untuk melakukan perbuatan melanggar hukum seperti blokade jalan atau tindakan anarkis lainnya.

Melalui kegiatan ini AKBP Horastua Silalahi berharap situasi kamtibmas khususnya di Desa Mompang Julu kembali normal sehingga masyarakat kembali bisa beraktivitas sebagaimana biasanya.

Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi