Sukhairi–Atika Akan Berdayakan Kearifan Lokal

Kotanopan, StArtNews-Kalau masyarakat Mandailing Natal memberikan kepercayaan kepada Calon Bupati/Wakil Bupati Nomor Urut 1, Ja’far Sukairi–Atika Azmi Utammi untuk memimpin Mandailing Natal ke depan, pihaknya akan memberdayakan kearifan lokal sebagai sumber ekonomi bagi masyarakat.

Hal itu dikatakan Calon Wakil Bupati Nomor Urut 1, Atika Azmi Utammi di sela-sela kegiatan Pagelaran Gordang Sambilan Kearifan Lokal yang dilaksanakan Forum Adat Bersama Nauli ( FABN) Desa Simpang Tolang Jae, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal, Jumat (30/10).

Selain Atika Azmi Utammi, hadir juga dalam kesempatan itu Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI Fraksi PKB; H. Marwan Dasopang, M.Si, Ketua DPC PKB Madina; Khoiruddin Faslah Siregar, tokoh masyarakat, perwakilan Dinas Sosial dan muspika Kotanopan.

Dikatakan Atika, pihaknya akan memberdayakan kearifan lokal sesuai visi-misi nomor 5 Sukhairi–Atika, yaitu menguatkan budaya dan kearifan lokal melalui kegiatan, even tahunan, kuliner, pendanaan dan lainnya.

“Kalau kearifan lokal ini kembali dilestarikan, harapannya bukan hanya generasi penerus yang tahu, tapi juga kita ingin menggali bagaimana para turis datang ke Madina. Ketika turis datang, maka ekonomi masyarakat akan terbantu,” katanya.

Lebih lanjut Atika menjelaskan hal ini bukan hanya melestarikan budaya, tapi sekaligus membangkitkan ekonomi masyarakat.

Ditambahkannya, kearifan lokal ini butuh perhatian lebih. Selama ini yang ia rasakan, muatan-muatan lokal saat dulu di sekolah masih sangat minim. Salah satu upaya menangkis arus globalisasi bisa dimulai dari budaya.

“Jadi saya pikir, Sukhairi-Atika nanti apabila diamanahkan memimpin Madina harus lebih responsif menggali kembali nilai-nilai adat budaya Mandailing, seperti melalui event tahunan kegiatan Gordang Sambilan, moncak dan lainnya, termasuk event-event kuliner,” terangnya.

Sukhairi-Atika juga nanti akan merangkul semua kalangan, mulai dari pemangku adat, tokoh masyarakat dan lainnya untuk memusyawarahkan agar forum kebudayaan menjadi lebih produktif, positif dan bisa menambah nilai-nilai ekonomi bagi masyarakat.

Dalam kegiatan ini, para peserta dan undangan disuguhkan penampilan Gordang Sambilan Desa Simpang Tolang Jae. Penampilan Gordang ini cukup menghibur masyarakat. Sebagian yang hadir ikut langsung memukul gordang sambilan, termasuk Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI Fraksi PKB, H. Marwan Dasopang, M. Si.

Reporter: Lokot Husda Lubis
Editor: Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi