Pengerukan Irigasi Batang Gadis Diminta Diawasi

 

START NEWS – Dinas Pengairan Provinsi Sumatera Utara setiap tahunnya selalu melaksanakan pengerukan jaringan irigasi sungai Batang Gadis yang ada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Walau setiap tahunnya dilaksanakan pengerukan namun tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

1

Karena berdasarkan pantauan di lapangan selama ini walaupun baru dikeruk saluran induk bendungan Batang Gadis tidak berapa lama sudah dipenuhi lumpur, sehingga menghambat saluran air ke areal persawahan masyarakat.

Selain itu juga banyak terdapat lubang-lubang yang ada di tembok penahan saluran induk. Hal ini diduga terjadi akibat lemahnya pengawasan bendungan sungai Batang Gadis tersebut.

Hal itu disampaikan seorang warga Humala Nasution kepada wartawan, Senin (28/3) kemarin di Panyabungan. Dia mengatakan setiap tahunnya uang rakyat yang dihabiskan untuk pengerukan sungai Batang Gadis, namun tidak bermanfaat kepada masyarakat petani.

Humala menambahkan, Masyarakat sepanjang antara Desa Runding Panyabungan Barat dan Desa Saba Padang Kecamatan Huta Bargot selalu mengeluhkan minimnya air yang mengalir ke areal persawahan masyarakat, padahal setiap tahun dilakukan pengerukan.

Seperti sekarang ini kata humala, alat berat sudah mulai melakukan pekerjaan pembersihan saluran air sepanjang antara Desa Runding Panyabungan Barat dan Desa Saba Padang Kecamatan Huta Bargot. Namun, katanya, apabila pengerukan tersebut tidak benar-benar diawasi maka hasilnya tidak memuaskan.

Humala Nasution mengharapkan kepada Dinas Pengairan Provinsi Sumatera Utara ini melalui PSDA yang ada di Kabupaten Mandailing Natal ini dapat melaksanakan pengawasan dengan baik. Sehingga pekerjaan pengerukan tersebut tidak hanya untuk membuang-buang uang rakyat saja.

Sebab katanya, sebagai masyarakat di wilayah ini yakin apabila pengawasan pengerukan saluran bendungan sungai Batang Gadis ini dilaksanakan dengan baik akan sangat bermanfaat bagi masyarakat petani di wilayah tersebut.

Harian MedanBisnis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...