2016, Kota Sibuhuan Ditargetkan Bebas Sampah

START NEWS – Pemkab Palas melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), menargetkan Kota Sibuhuan akan bebas sampah tahun 2016 ini.
44Guna mewujudkan program nyata tersebut, pihak DKP Palas, sudah menyiapkan sejumlah tong sampah di sekitar lokasi pemukiman warga, untuk menampung sampah rumah tangga, memaksimalkan penggunaan kontainer sampah, melakukan revitalisasi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di lokasi Desa Hutalombang, Kecamatan Lubuk Barumun dan mengoptimalkan program Jumat Bersih, setiap minggunya.

“Untuk pencapaian target Kota Sibuhuan bebas sampah itu, di akhir tahun anggaran 2015, DKP Palas merealisasikan pengadaan 2 unit becak bermotor (betor) sampah dan kini siap kita operasikan penggunaannya,” kata Kepala DKP Palas Hj Irinka Rahmawati Harahap didampingi Kabid Kemitraan dan Kerjasama H Khoiruddin Siregar, kepada MedanBisnis, Rabu (6/1) di Kantir DKP Palas, Sigala-gala.

Dia menyebutkan, hasil rapat bersama Lurah Pasar Sibuhuan dan para kepling tadi, disimpulkan kita akan optimalkan pengangkutan sampah dari Kelurahan Pasar Sibuhuan, mengajak dan mengimbau masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

Ditambahkannya, DKP Palas fasilitasi angkutan pembuangan sampah ke TPA sampah dari tong-tong sampah yang sudah ada.

“Tadi juga sudah kita atur rute angkutan sampah dengan betor sampah dari tiap-tiap lingkungan pemukiman warga, dijadwalkan operasionalnya setiap 2 hari sekali. Mengingat armada betor sampah kita baru tesedia 2 unit,” kata H Khoiruddin.

Selain itu, untuk menjamin tingkat kebersihan di Kota Sibuhuan, pihak DKP Palas membuka layanan sampah kepada masyarakat di kota ini, untuk menghubungi nomor handpone 081361417277 dan 0852967 89555.

“Kota Sibuhuan sbagai ikon ibukota Kabupaten Palas harus dijaga kebersihan lingkungannya dari sampah, agar sejalan dan selaras dengan motto Bupati Palas mewujudkan Kabupaten Palas yang Bercahaya,” katanya.

Namun demikian, lanjutnya, tingkat kebersihan wilayah kecamatan di Kabupaten Palas dari sampah juga tetap menjadi prioritas kerja pihak DKP Palas, salah satunya adalah pemindahan lokasi TPA sampah Pasar Ujung Batu di Kecamatan Sosa.

“Soal itu, kita sudah buatkan konsep surat pinjam pakai lahan perkebunan untuk lokasi TPA sampah di Sosa, tinggal menunggu tanda tangan dari Bupati Palas. Juga, DKP Palas sudah programkan secara bertahap agar pengadaan armada betor sampah bisa di adakan di setiap lokasi pasar di kecamatan,” katanya.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi